MATERI DIGITAL BERBASIS WEB MOBILE MENGGUNAKAN MODEL 4D

Imam Solikin, Rahayu Amalia

Abstract


Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) RA Kartini merupakan sekolah yang di dalamnnya terdapat jurusan “Teknik Komputer dan Jaringan” disingkat dengan TKJ, yang beralamat di Sungai Sahang No. 5, Lorok Pakjo, Kecamatan Ilir Barat I, Kota Palembang Provinsi Sumatera Selatan. Model pembelajaran yang sekarang ini berjalan di SMK RA Kartini menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS), buku, materi fisik, menggunakan LKS, Buku, Papan Tulis, dan Proyektor yang terbatas dalam penggunaannya, hal seperti ini berakibat kesulitan dalam mengulang pelajaran karena harus belajar di tempat tertentu seperti sekolahan atau rumah. Salah satu cara untuk mengatasi problem tersebut dengan mengembangan model pembelajaran digital berbasis web mobile. “Model yang  digunakan dalam pengembangan yaitu model 4D yang di dalamnya terdapat beberapa tahapan define, design, develop, and disseminate”. Tujuan dari pengembangan dalam pembelajaran ini untuk mempermudah siswa dalam mempelajari ulang materi dan mempelajari materi yang tertinggal karena bisa diakses dimanapun secara online melalui dari smartphone.


Full Text:

PDF

References


F. Y. Aulia and L. Yuldinawati, “Analisis Faktor Konfirmatori Motivasi Pada Pengguna Aplikasi Taksi Online Di Wilayah Bandung,” eProceedings Manag., vol. 5, no. 1, 2018.

M. Abdurahman, “Sistem Informasi Jadwal Perkuliahan Berbasis Web Mobile Pada Politeknik Sains Dan Teknologi Wiratama Maluku Utara,” Indones. J. Netw. Secur., vol. 5, no. 2, pp. 49–56, 2016.

I. Solikin, “Implementasi E-Modul pada Program Studi Manajemen Informatika Universitas Bina Darma Berbasis Web Mobile,” J. RESTI (Rekayasa Sist. dan Teknol. Informasi), vol. 2, no. 2, pp. 492–497, 2018.

P. Andi, “Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif Cetakan ke-4 (Yogyakarta.” Diva Press, 2012.

I. Anwar, “Pengembangan Bahan Ajar,” Bahan Kuliah Online. Direktori UPI. Bandung, 2010.

F. Purwaningtias and I. Solikin, “Penerapan Aplikasi e-book school pada SMK Emhata OKI Sumsel berbasis Web,” J. Sist. Informasi, Teknol. Inf. dan Komput., vol. 8, no. 1, pp. 21–30, 2017.

I. Solikin and D. Komalasari, “Aplikasi Bahan Ajar Digital pada Sekolah MA. Miftahul Huda Tugu Agung Kab. OKI,” J. Media Inform. dan Komput., vol. 8, no. 1, pp. 63–69, 2017.

I. Solikin and M. S. Putra, “APLIKASI E-DOCUMENT PADA KANTOR KEPALA DESA TUGU JAYA BERBASIS WEBSITE,” J. Cendikia, vol. 16, no. 1 Oktober, pp. 89–94, 2018.

R. M. N. Halim, “Perancangan Papan Informasi Digital untuk Kehadiran Dosen pada STIPER Sriwigama Palembang,” in Prosiding Seminar Nasional Darmajaya, 2018, vol. 1, no. 1, pp. 128–136.

M. P. K. Sugiyono, “Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods),” Bandung Alf., 2013.

N. Putra, “Research & Development penelitian dan pengembangan,” Jakarta Raja Gravindo Persada, 2012.

R. Yatim, “Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif dan Kuantitatif.” Surabaya: Unesa University Press, 2007.

E. P. Widoyoko, “Teknik Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian,” Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2016.

M. P. Trianto, “Model pembelajaran terpadu: Konsep, strategi, dan implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP),” Kuala Lumpur: Kemetrian Pengajaran Malaysia, 2010.

R. Afyenni, “Perancangan data flow diagram untuk Sistem informasi sekolah (studi kasus pada sma pembangunan Laboratorium unp),” J. Teknoif, vol. 2, no. 1, 2014.




DOI: https://doi.org/10.32520/stmsi.v8i3.461

Article Metrics

Abstract view : 4691 times
PDF - 2261 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.