Designing Chatbot Interface to Accelerate Services at Disdukcapil Salatiga
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
M. Jaya, H. Rinaldi, and H. Yanto, "Efektivitas Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) dalam Rangka Optimalisasi Pelayanan Publik di Kota Pontianak," Dinamika: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, Vol. 8, No. 3, pp. 1–9, 2021.
N. P. E. Fridayanti, G. R. Dantes, and G. A. J. Saskara, “Evaluasi Kepuasan Aplikasi Pelayanan Rakyat Online Denpasar+ menggunakan End User Computing Satisfaction,” Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, Vol. 10, No. 1, May 2024, DOI: 10.28932/jutisi.v10i1.6936.
J. P. Adoe, K. Y. Stefanus, and C. W. T. Lamataro, "Pengaturan Fungsi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan mengenai Kepengurusan Kartu Tanda Penduduk di Kabupaten Belu," Petitum Law Journal, Vol. 9, No. 3, pp. 1–10, 2024.
R. A. Rudiputra and F. A. Sutanto, "Implementasi Metode Design Thinking dalam Pengembangan Chatbot FAQ WhatsApp untuk Layanan Informasi di Rumah Sakit Roemani Muhammadiyah Semarang," Journal of Information Technology and Computer Science (INTECOMS), Vol. 8, No. 2, pp. 472–478, 2025. DOI: 10.31539/intecoms.v8i2.14065.
S. Setyono and S. Wibisono, "Pengembangan Chatbot menggunakan framework RASA dalam Optimalisasi Pelayanan di Kecamatan Semarang Tengah," Journal of Information Technology and Computer Science (INTECOMS), Vol. 7, No. 5, pp. 1455–1461, 2024. DOI: 10.31539/intecoms.v7i5.11313.
N. Nailussa’ada et al., “Pengembangan dan Implementasi Chatbot Pelayanan Masyarakat berbasis Dialogflow di Kelurahan Gebang Putih Surabaya,” El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat , Vol. 5, No. 1, Jan. 2025, DOI: 10.47467/elmujtama.v5i1.6262.
M. Fadel, “Aplikasi Pengaduan Masyarakat berbasis Android dengan Integrasi Chatbot AI untuk Kualitas Pelayanan Publik,” Journal homepage: Journal of Electrical Engineering and Computer (JEECOM), Vol. 6, No. 2, 2024, DOI: 10.33650/jeecom.v4i2.
M. A. Muhyidin, M. A. Sulhan, and A. Sevtiana, “Perancangan UI/UX Aplikasi My CIC Layanan Informasi Akademik Mahasiswa menggunakan Aplikasi Figma,” 2020. [Online]. Available: https://my.cic.ac.id/.
A. M. Azisz and W. A. Kusuma, “Perancangan User Interface & User Experience Aplikasi TipsnTrip menggunakan Metode Design Thinking.” [Online]. Available: http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/infortech
M. A. Senubekti, G. L. Dajoreyta, and N. Anggraini, "Pembuatan Desain UI/UX dengan Metode Prototyping pada Aplikasi Layanan Pengadilan Negeri Bale Bandung menggunakan Figma," Jurnal Informatika Terpadu, Vol. 10, No. 1, pp. 1–10, 2024.
A. Candra, P. Sukmasetya, P. Hendradi, J. Mayjend Bambang Soegeng, and K. Magelang, “Perancangan UI/UX Aplikasi berbasis Mobile menggunakan Metode Design thinking (Studi Kasus SISFO SKPI UNIMMA).”
I. B. I. Dewangkara, M. N. Novianti, P. A. F. Sara, and N. P. A. Rainita, "Perancangan Ulang UI/UX Website BUMDES Baturiti menggunakan Metode SUS dan Design Thinking," Jurnal Informatika Progres, Vol. 15, No. 1, pp. 23–32, 2023.
B. Oktaviani, R. M. Chandra, M. Irsyad, and P. Pizaini, “Desain Sistem Pemasaran Produk UMKM dengan Konsep UI/UX menggunakan Metode Design Thinking,” Journal of Information System Research (JOSH), Vol. 4, No. 3, pp. 980–987, Apr. 2023, DOI: 10.47065/josh.v4i3.3387.
R. Hafsari, E. Aribe, and N. Maulana, "Perancangan Sistem Informasi Manajemen Inventori dan Penjualan pada Perusahaan PT. Inhutani V," PROSISKO: Jurnal Pengembangan Riset dan Observasi Sistem Komputer, Vol. 10, No. 2, pp. 109–116, 2023. DOI: 10.30656/prosisko.v10i2.7001.
H. R. Sitorus, A. Ibrahim, Y. Utama, and H. Novianti, “Klik: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer Perancangan Prototype UI/UX Website Softcoffee dengan Penerapan Metode Design Thinking,” Media Online), Vol. 4, No. 6, pp. 2744–2753, 2024, DOI: 10.30865/klik.v4i6.1881.
DOI: https://doi.org/10.32520/stmsi.v14i6.5596
Article Metrics
Abstract view : 7 timesPDF - 4 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.







